Saturday, January 17, 2009

Apakah Saham itu?


Apakah Saham itu?

Langkah pertama untuk mengerti pasar modal adalah pemahaman tentang saham itu sendiri.

Saham adalah bukti penyertaan modal baik dari perseorangan ataupun badan usaha pada suatu perusahaan.

Dengan menyertakan modal tsb, Anda atau badan usaha berhak untuk hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) dan berhak juga untuk mendapatkan keuntungan perusahaan berupa deviden. Sebaliknya bagi perusahaan, modal yang didapatkan dari menerbitkan saham itu adalah nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan seperti untuk membayar utang, membiayai kebutuhan ekspansi dlsb.

Jika Anda memiliki saham suatu perusahaan untuk jangka panjang, maka berarti Anda telah menjadi bagian dari perusahaan tersebut dan berharap perusahaan tsb nantinya mampu memberikan tingkat keuntungan yang menarik (menghasilkan keuntungan).

Bilamana performansinya bagus dan memperoleh laba bersih perusahaan di akhir tahun, tentunya Anda akan mendapatkan pembagian keuntungan berupa deviden. Besarnya deviden yang akan dibagikan, tentu didasarkan pada keputusan RUPS.

Lalu bagaimana jika Anda membeli saham suatu perusahaan untuk jangka pendek atau menengah?

Jika harga saham suatu perusahaan meningkat dan Anda memutuskan untuk tidak memegang saham itu berlama-lama atau sesegera mungkin untuk menjualnya,tentu saja Anda akan memperoleh keuntungan juga yakni berupa capital gain (profit).
Jadi Capital gain (profit)itu adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga pembelian dengan harga penjualan.

Sebaliknya jika harga saham turun dan Anda memutuskan untuk melepas/menjual kepemilikan atas saham tsb maka Anda akan mengalami capital loss yakni kerugian akibat selisih harga pembelian dan harga penjualan.

Ada berapa jeniskah saham itu?

Tunggu tulisan saya berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Related Websites

TAGS

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
 

Copyright 2010 Saham Indonesia. All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com

Saham | Analisa | Analisa Saham | Saham Indonesia | Memprediksi pergerakan saham berdasarkan AFL Amibroker |

bNekQZ5TEF3iPx3b3nN3oA==