Thursday, February 26, 2009

Technical Analysis

0 komentar

Technical Analysis (TA) adalah salah satu metode yang digunakan untuk memprediksi pergerakan harga sebuah saham atau indeks di masa mendatang. Prediksi yang diambil berdasarkan analisis yang seksama dari pergerakan harga saham atau indeks sebelumnya. Dengan kata lain, trend harga dari suatu saham di masa depan adalah kecenderungan yang diturunkan berdasarkan pergerakan harga saham di masa lalu.

Technical Analysis tidak selalu menghasilkan hasil mutlak. Seperti halnya dengan peramalan sistem, TA dapat memberikan petunjuk tentang apa yang dapat diharapkan. Tetapi harapan itu bisa jadi akan berbenturan dengan kondisi pasar saat itu.

Jadi TA tidak akan membantu Anda secara total mengatasi risiko di pasar, tetapi jika digunakan dengan benar, dapat membantu untuk memprediksi dan mengambil langkah-langkah pencegahan ke taraf yang lebih besar.

Monday, February 23, 2009

Info Pagi (23-Peb-2009)

0 komentar
Indeks JKSE dan DJI minggu lalu


JKSE


DJI



Berita-berita terkait:

Trade Signal dari catatan saya (disclaimer on)







Sunday, February 22, 2009

Saham BBCA, BDMN dan BMRI

0 komentar
Sedikit catatan ulasan saya mengenai saham BBCA, BDMN dan BMRI yang sudah di-posting pada 20-02-2009.


BBCA



BDMN



BMRI







Friday, February 20, 2009

Belajar Analisa Saham

0 komentar
Berikut saya mencoba menganalisa saham dari sektor Finance.

BDMN




BMRI



BBCA






disclaimer on


Friday, February 13, 2009

Jenis-Jenis Saham

1 komentar

Watch TV on Computer
Watch over 4000 online channels
on your computer like TV
Beberapa hari yang lalu saya sudah menulis di blog ini sebagai catatan saya tentang pengertian apa itu saham.
Selanjutnya saya ingin mencatat tentang jenis-jenis saham pada umumnya.

Ketika saya ingin membeli saham sebuah perusahaan berarti saya sudah menyertakan modal saya pada perusahaan tersebut serta saya termasuk salah satu pemegang/pemilik saham atas perusahaan itu dan saya berhak untuk hadir dan memberikan suara dalam RUPS.

Kemudian untuk setiap lembar saham yang saya miliki itu, akan mewakili berapa persentasekah kepemilikan saya atas perusahaan itu? Dan termasuk jenis saham apakah yang saya miliki itu?

Setiap lembar saham akan mewakili persentase kepemilikan saya atas perusahaan itu dan bergantung pada jumlah saham yang diterbitkan.
Misalnya PT. XYZ memiliki modal Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) yang dikonversikan menjadi 2.000.000 (dua juta) lembar saham dengan nominal Rp 250,- per saham. Dengan demikian setiap lembar saham akan mewakili (1/2000000) X 100% = 0,00005%.
Seandainya saya memiliki 40 Lot atau 20.000 lembar saham, maka kepemilikan saya atas perusahaan PT. XYZ adalah (20000/2000000) x 100% = 1%.

Tadi telah disinggung diatas tentang kepemilikan saya atas PT XYZ setelah membeli sahamnya, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah ada berapa jenis sahamkah dari sebuah perusahaan tsb?



Umumnya ada 2 jenis saham perusahaan yaitu Saham biasa (Common Stock) dan Saham preferen (Preferred Stock).

Karakteristik Saham biasa (Common Stock)
--------------------------------------------------------------
* Umumnya jika orang berbicara mengenai saham perusahaan berarti yang dimaksudkannya adalah saham biasa.
* Harapan investor atau saya yang memiliki saham biasa adalah pembagian deviden atau memperoleh capital gain jika terjadi kenaikan harga.
* merupakan saham yang menempatkan pemiliknya paling akhir atas pembagian deviden dan hak paling akhir atas harta kekayaan perusahaan apabila perusahaan tsb jatuh/rugi.
* deviden dibayarkan selama perusahaan memperoleh keuntungan.
* Setiap pemegang saham memiliki hak suara dalam RUPS.
* berhak mengalihkan kepemilikan sahamnya kepada orang lain.

Karakteristik Saham preferen (preffered Stock)
-----------------------------------------------------------
* Gabungan antara karakteristik obligasi dan karakteristik saham biasa.
* Karakteristik obligasi misalnya,jumlah deviden dijamin artinya saya sebagai pemegang Saham preferen (Preferred Stock) akan dijanjikan sejumlah deviden yang jumlahnya pasti dan tetap dalam persentase (tingkat bunga) tertentu baik jika perusahaan memperoleh keuntungan ataupun kerugian (Dlm hal ini jika perusahaan tidak bisa membayar deviden karena rugi, maka pemilik saham ini berhak untuk mendapatkan deviden tsb di tahun-tahun yang akan datang atau di tahun2 sebelumnya)
* Memiliki hak lebih dibanding hak pemelik saham biasa yakni hak untuk mendapatkan deviden lebih dahulu dan memiliki hak suara lebih tinggi dibanding pemilik saham biasa.
* pemiliki berhak menukarkan saham ini dengan saham biasa

Wednesday, February 04, 2009

Info Pagi (04-Peb-2009)

0 komentar
Berita-berita yang terkait dengan pennurunan IHSG pada perdagangan Selasa (03-Peb):
  • Terdepresiasinya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga Rp 12 ribu per dolar AS serta melemahnya bursa regional membuat indeks kembali tertekan. Baca selengkapnya di Tempointeraktif.com
  • Turunnya saham Telkom dan Astra menggiring Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke zona merah. Baca Selengkapnya di id.news.yahoo.com

Sedangkan hari ini berita-berita yang terkait dengan IHSG:
  • Meskipun hari ini dikabarkan akan ada penurunan acuan suku bunga Bank Indonesia (BI rate), namun ... (Baca Selengkapnya di okezone.com)
  • Kenaikan DJI pada perdagangan hari Selasa (03/02) sebesar +141.53 atau +1.78%, dipicu oleh angka penjualan rumah lama pada Desember naik hingga 6.3%. Baca Selengkapnya di detikFinanace

Tuesday, February 03, 2009

Info pagi (03-Peb-2009)

0 komentar
DJI pada perdagangan hari Senin (02/02) ditutup menurun sebesar -64.11 poin atau -0.80%.
Sampai catatan pagi ini (03/02) ditulis, Nikkei 225 sementara menguat sebsar 37.71 poin atau 0.48%.



Sementara IHSG pada perdagangan hari senin (02/02) kemarin melemah -1.65% di level 1,310.64 yang didorong oleh saham-saham di sektor Infrastructur (-3.16%) dan Mining (-2.62%). Baca selengkapnya di >>> detikFinance

Sunday, February 01, 2009

Saham Indeks Bisnis-27

0 komentar
Berikut saham-saham yang masuk indeks BISNIS-27 yang merupakan indeks terbaru di BEI, berdasarkan berita BEI tentang Penerbitan Indeks Bisnis-27

Review dan pergantian emiten akan dilakukan setaip 6 bulan yaitu awal Pebruari dan Agustus.


Related Websites

TAGS

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
 

Copyright 2010 Saham Indonesia. All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com

Saham | Analisa | Analisa Saham | Saham Indonesia | Memprediksi pergerakan saham berdasarkan AFL Amibroker |

bNekQZ5TEF3iPx3b3nN3oA==